Jumat,29 Desember 2017 – 09:45:55 WIB

Usulan Roehana Koeddoes Pahlawan Nasional, DPD RI Siap Bahas di Sidang Paripurna
Roehana Koeddos

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI, Leonardy Harmainy, berencana akan membawa usulan pahlawan untuk Rangkayo Roehana Koeddos di rapat paripurna DPD RI. Pasalnya, pengajuan Roehana Koeddoes untuk masuk di jajaran pahlawan nasional masih tersendat hingga saat ini. Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial belum juga menyetujui usulan ini sampai sekarang.

Leonardy ditemui di Kantor DPD RI Sumbar di Komplek GOR H Agus Salim mengatakan, meski usulan ini sudah acap kali disampaikan ke pusat, namun masih saja usulan itu belum disetujui pusat. Alasan dari pemerintah pusat kata Leonardy juga belum jelas.

“Usulan ini sudah sering diajukan, bahkan dari nagari ke pemerintah daerah dan ke provinsi sesuai tahapannya juga sudah dilakukan. Ya, sampai di pusat itu masih belum disetujui. Tentu kita ingin tahu kekurangannya dimana,” kata Leonardy.

Lanjutnya, momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2018 mendatang bisa dijadikan sebagai langkah strategis untuk kembali menggaungkan pemberian gelar pahlawan nasional kepada Roehana Koeddos itu. Ia berharap agar langkah ini bisa didukung penuh oleh wartawan di Sumbar.

“Apalagi seperti kita tahu kalau Rangkayo Roehana Koeddoes merupakan wartawati dan sekaligus pendiri surat kabar perempuan pertama yang diberi nama Koran Soenting Melajoe. Sangat wajar kalau ini juga bisa diperjuangkan teman-teman wartawan,” ujarnya.

Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa yang juga Ketua KAN Koton Gadang mengatakan, kini saatnya perempuan memberdayakan kaumnya. Apalagi apa yang selama ini yang diperjuangkan Roehana Koeddoes semasa perjuangan patut ditiru perempuan masa kini.

“Di masanya, seorang Roehana Koeddoes sudah bisa melakukan ekspor kerajinan Amai Setia miliknya hingga ke Eropa. Bahkan ia memiliki sekolah jahit untuk perempuan Sumbar saat itu,” ujarnya.

Semua perjuangan ini katanya, sangat layak diganjar dengan penghargaan sebagai pahlawan nasional seperti perempuan pejuang lainnya, RA Kartini. “Tentu kita berharap perempuan di Sumbar bisa menghargai semua perjuangan Rangkayo Roehana Koeddoes itu,” paparnya.

Seperti diketahui, Roehana Koeddoes lahir di Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumbar pada 20 Desember 1889. Ia meninggal di Jakarta, 17 Agustus 1972 di usia 86 tahun. (h/isr) 

Sumber: https://www.harianhaluan.com/news/detail/68156/usulan-roehana-koeddoes-pahlawan-nasional-dpd-ri-siap-bahas-di-sidang-paripurna