tour - Copy

 

Liputan6.com, Padang – Jumlah wisatawan nusantara atau domestik yang mendatangi Sumatera Barat(Sumbar) tahun ini diperkirakan mengalami kenaikan 7 persen atau mencapai lebih dari 7,8 juta orang dibandingkan tahun lalu.

“Perkiraan kita untuk wisatawan domestik naiknya 7 persen dan wisatawan mancanegara naik 5 persen,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian kepada Liputan6.com, seperti ditulis Jumat (29/12/2017).

Ia menuturkan, sepanjang tahun lalu kunjungan wisatawan domestik yang dihitung kasar sekitar 7,3 juta orang. Umumnya wisatawan domestik berasal dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan dari daerah tetangga, seperti Jambi, Pekanbaru, Medan, Batam, dan Palembang.

Oni menyebut, perbaikan infrastruktur dan berbagai promosi wisata yang dilakukan pemda mendorong tingginya minat wisatawan mengunjungi Sumatera Barat.

Belum lagi, kebijakan pemerintah daerah yang memang memfokuskan bidang pariwisata sebagai prioritas utama pembangunan Sumbar.

Ditambah lagi, ditetapkannya Sumbar sebagai daerah tujuan pariwisata halal dunia dalam ajang World Halal Tourism di Abu Dhabi tahun lalu, yang ikut menaikkan pamor pariwisata Sumbar.

Beberapa destinasi yang menjadi unggulan Sumbar adalah sejumlah objek wisata di Kota Padang, Bukittinggi, Mandeh dan Pantai Carocok di Pesisir Selatan, Istana Pagaruyung di Tanah Datar, Sawalunto, dan Solok Selatan.

“Jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat diprediksi bakal meningkat di tahun depan, apalagi beberapa kabupaten dan kota juga berbenah memperbaiki destinasi wisatanya,” tukas Oni.

Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/3209609/sumatera-barat-dikunjungi-78-juta-wisatawan-domestik-tahun-ini