Senin, 8 Januari 2018 | 13:48 WIB 
image_title
 
VIVA – Provinsi Sumatera Barat menjadi daerah terbanyak di Indonesia yang dihuni oleh kelompok Lesbian, Gay, Biseks dan Transgender.
 
“Berdasarkan survei sementara menunjukkan jika, Sumatera Barat berada di peringkat pertama secara nasional,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Senin, 8 Januari 2018.
 
“Diperkirakan angka sementara mencapai puluhan ribu LGBT di Sumbar. Untuk memastikan angkanya berapa, mulai sekarang sampai tiga bulan kita akan survei kembali.”
 
Survei keberadaan LGBT pada akhir 2017 itu, menurut Abit, digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sumatera Barat dan lembaga konseling rekanan. Di dalam hasilnya juga menunjukkan, setelah Sumatera Barat, kelompok LGBT terbanyak kedua didominasi oleh orang dari Papua dan kemudian diikuti oleh Jawa.
 
Abit mengaku akan tetap menolak keberadaan LGBT di Sumatera Barat. Meski setahun lalu ia sempat dicemooh lantaran menyuarakan penolakannya terhadap LGBT.
 
Namun, ia memastikan jika membiarkan LGBT tetap bertahan selain menentang norma agama dan budaya di Sumatera Barat, ia juga akan memicu dampak lain yang lebih buruk.
 
“Andai mereka (LGBT) ini terkena penyakit, mungkin sekarang belum terasa. Bisa jadi 10 tahun kedepan. Padahal mereka calon pemimpin kita 10 tahun ke depan,” ujar Abit.
 
Atas itu, Abit berencana, jika nanti hasil survei LGBT itu rampung, ia akan mengusulkan pusat rehabilitasi khusus. “Jika dirasa perlu, kita akan bangun pusat panti rehabilitasi khusus untuk LGBT ini,” ujarnya.
 
https://www.viva.co.id/berita/nasional/994539-survei-sumatera-barat-terbanyak-kelompok-lgbt