Senin , 25 December 2017, 19:57 WIB

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menerima penghargaan Kelautan di Cirebon, Rabu (13/12).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Pemerintah Provinsi Sumatra Barat panen penghargaan sepanjang 2017 ini. Sebanyak 30 penghargaan baik dari Presiden Jokowi, sejumlah menteri, atau dari lembaga dan instansi independen berhasil disabet oleh Pemprov Sumbar. Selain diberikan kepada Pemprov, sejumlah penghargaan juga secara khusus diberikan kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (IP) dan Wagub Sumbar Nasrul Abit (NA) atas kinerjanya.

Gubernur menilai bahwa seluruh penghargaan dan prestasi yang diraih merupakan hasil kerja tim yang bergerak di lingkungan Pemprov Sumbar. Ia berharap tahun 2018 mendatang Sumbar kembali menunjukkan prestasi gemilang di level nasional atau internasional.
“Anugerah ini adalah hasil kerja keras seluruh unsur di jajaran Pemprov Sumbar. Memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dan, penghargaan ini juga tak lepas dari dukungan semua elemen dan masyarakat itu sendiri,” katanya.
Republika.co.id merangkum ke-30 penghargaan yang diboyong oleh Pemprov Sumbar berikut ini:
1. Peringkat II Sumatra Barat Kategori Pagu Belanja Modal di atas Rp 20 miliar. Diberikan Kementerian Keuangan kepada Dinas Prasarana Jalan Provinsi Sumbar.
2. Piagam Literasi, diberikan oleh Perpustakaan Nasional RI dan IKAPI kepada Gubernur Sumbar atas sumbangsihnya terhadap pengembangan Literasi di Sumatra Barat.
3. Provinsi Terbaik Penggerak Koperasi dan Penumbuhan Kewirausahaan. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UMKM RI.
4. Satya Lencana Pembangunan Bidang Pangan. Diberikan oleh Presiden Jokowi.
5. Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang diberikan BPK RI terhadap laporan keuangan Pemerintah Provinsi Sumbar.
6. Satya Lencana Pembangunan Bidang Kependudukan. Diberikan oleh Presiden Jokowi.
7. Provinsi Penggerak Kabupaten dan Kota Layak Anak. Diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
8. Penghargaan daerah dengan TPID (Tim Pemantauan dan Pengendali Inflasi Daerah) Terbaik tingkat Provinsi. Diberikan oleh Presiden Jokowi.
9. Penghargaan Kepala Daerah Penggerak Ekonomi Syariah dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI).
10. Democracy Award dari Rakyat Merdeka Online (RMOL)/
11. Penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup.
12. Penghargaan ANRI Award yang diberikan oleh Kepala Arsip Nasional RI. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar meraih Terbaik Ketiga.
13. Rekor Dunia MURI: Kepala Daerah yang Menciptakan Karya Pantun Terbanyak.
14. Provinsi Sumbar sebagai Komisi Irigasi Terbaik II Program WISMP II 2017. Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri.
15. Anugerah Energi Lestari Gatra. Diberikan oleh Majalah Gatra.
16. Anugerah Malindo International Entrepreneur Award 2017 kategori Tokoh Politik Malindo. Diberikan di Kuala Lumpur Malaysia dengan disaksikan oleh Pemerintah Republik Indonesia.
17. Provinsi Sumbar mendapat penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award 2017 Kategori Provinsi Terbaik. Diberikan oleh Tempo Media Group.
18. Penghargaan kepada Pemprov Sumbar atas Keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2016 dengan Capaian Standar Tertinggi. Diberikan oleh Menteri Keuangan RI.
19. Penghargaan Ing Ngarso Sung Tulodo dari Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Pusat.
20. Penghargaan Pandu Negeri. Provinsi dengan Predikat Baik dalam Kategori Pemerintah Daerah Provinsi dalam Aspek Kinerja dan Pemerintahan. Diberikan oleh Indonesian Institute for Public Governance (IIPG).
21. Penghargaan Dana Rakca. Diserahkan oleh Presiden Jokowi. Penghargaan dalam hal pengelolaan keuangan yang dinilai terbaik oleh pemerintah.
22. Penghargaan Kualitas dan Produktivitas. Diberikan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.
23. Penghargaan kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar. Juara III kategori IB Wilayah Semi Intensif.
24. Penghargaan kepada Gubernur Sumatra Barat dari Kementerian Dalam Negeri sebagai Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia tahun 2016.
25. Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri sebagai provinsi yang telah menyelesaikan tindak lanjut hasil pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah oleh inspektorat daerah oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri tahun 2016 dan tahun sebelumnya.
26. Piagam Tanda Kehormatan Presiden Republik Indonesia. Satyalancana Wira Karya bidang pemerintahan dalam pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan.
27. Penghargaan Paramakarya dari Kementerian Ketenagakerjaan.
28. BPPD Provinsi Sumbar sebagai Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi berkinerja utama dalam penguatan SIDA tahun 2017. Diberikan oleh Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristek Dikti RI.
29. Leadership Award dari Kementerian Dalam Negeri.
30. Masuk 10 besar dalam Keterbukaan Publik oleh Komisi Informasi Indonesia.

Sumber:  http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/12/25/p1igzx368- pemprov-sumbar-boyong-30-penghargaan-sepanjang-2017