Wali kota Padang H Mahyeldi Ansharullah

Wali kota Padang H Mahyeldi Ansharullah

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG – Wali Kota Padang, Sumatra Barat Mayheldi Ansharullah mengimbau warganya untuk menjaga ketertiban selama pergantian tahun pada Ahad (31/12) malam ini. Bagi umat Muslim, Mahyeldi juga mengimbau untuk menghabiskan malam pergantian tahun di masjid-masjid atau mushala.

Pemkot Padang bahkan menerbitkan surat imbauan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk ikut meramaikan kegiatan zikir dan doa yang dipusatkan di Masjid Nurul Iman Kota Padang. “Imbauan kami, masyarakat menjaga ketertiban. Atau laksanakan kegiatan di masjid dan mushola,” ujar Mahyeldi.

Pemkot juga berkoordinasi dengan seluruh takmir masjid yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Padang untuk menggelar kegiatan zikir dan doa. Paling tidak, 10 masjid akan dijadikan sebagai pusat kegiatan zikir dan doa di malam pergantian tahun malam ini.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Pemkot Padang, kegiatan zikir dan doa di malam pergantian tahun pada Ahad (31/12) ini sebagai berikut:

1. Padang Barat dan Padang Selatan, kegiatan zikir dan doa dipusatkan di Masjid Agung Nurul Iman Kota Padang.
2. Padang Timur di Masjid Baitul Hadi Kelurahan Parak Gadang Timur.
3. Padang Utara masjid Nurul Ikhlas, Jalan Pinang Sori no 10 Kelurahan Air Tawar Timur.

4. Lubuk Begalung di Masjid Raya Banuaran, Jalan Raya Banuaran Kalurahan Banuaran Nan XX.
5. Pauh di Masjid Nurul Huda Kelurahan Cupak Tengah
6. Lubuk Kilangan, Masjid Al Kautsar Kelurahan Bandar Buat.

7. Koto Tangah, Masjid Baiturrahman Kompleks Universitas Baiturrahman.
8. Nanggalo, Masjid Al Munawwarah, Kelurahan Surau Gadang.
9. Kuranji, Masjid Raya Ampang Kelurahan Ampang.
10. Bungus Teluk Kabung, Masjid Syarif Kelurahan Teluk Kabung Utara.

Rangkaian acara zikir dan doa akan dimulai pukul 22.00 WIB hingga 00.30 WIB setelah pergantian tahun. Mahyeldi menyampaikan apresiasinya bagi anak muda yang mau menghabiskan malam pergantian tahun dengan beribadah. Menurutnya, saat ini tak banyak anak muda yang mau mengisi waktunya dengan hal-hal positif terutama ibadah.

“Tak banyak anak muda menghabiskan waktu di masjid, apalagi suasana libur dan tahun baru,” ujar Mahyeldi saat ini memberi sambutan di tabligh akbar di Olo, Padang.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/17/12/31/p1tg40396-masjidmasjid-di-padang-menggelar-zikir-dan-doa