Cegah Kejahatan di Medsos, Polda Sumbar Bentuk Satgas Cyber Troop
PADANG, HARIANHALUAN – Polda Sumbar membentuk Satgas Cyber Troop untuk melakukan monitoring kejahahatan di media sosial jelang Pilkada serentak empat kota di Sumbar. Tim ini khusus memantau media sosial dan mencegah terjadinya provokasi yang berlanjut ke kisruh.

Wakapolda Sumbar, Brigjen Pol Bayu Wisnumurti mengatakan, pembentukan satgas Satgas Cyber Troop sebenarnya sudah dilakukan sejak lama.

“Saat momentum Pilkada ini akan ditugaskan untuk memonitor informasi di media sosial. Satgas Cyber Troop juga ditugaskan untuk mencegah munculnya provokasi melalui dunia maya dan mengidentifikasi pelakunya,” terang Bayu saat digelarnya simulasi sistem pengamanan Pilkada Padang yang digelar Polresta Padang, Selasa (11/1) di Lanud Sutan Sjahrir.

Dalam simulasi, Satgas Cyber Troop menggerebek rumah pelaku ujaran kebencian terhadap Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah dengan menuduh melakukan politik uang. Pelaku ujaran kebencian tersebut dapat ditangkap dan dijerat Pasal 28 ayat 2 Undang-undang ITE.

“Tugas Satgas Cyber Troop seperti yang saya sebut tadi, bukan sekadar menangkap pelaku, tapi juga melakukan pencegahan,” papar Wakapolda.

 

Sumber: https://www.harianhaluan.com/news/detail/68344/cegah-kejahatan-di-medsos-polda-sumbar-bentuk-satgas-cyber-troop