Jumat,05 Januari 2018 – 20:52:32 WIB

BRI dan Kadin Sumbar Sinergi Cetak Mahasiswa Pengusaha

Komut BRI Andrinof Chaniago, Direktur Eksekutif BRI Gunawan Sulistyo, Ketua Umum Kadin Sumbar Ramal Saleh, Rektor UNP Ganefri, Wakil Rektor Unand Hermansyah dan Kanwil BRI Joni Alwadi dalam acara Peresmian program pendampingan mahasiswa wirausaha ini berlangsung Jumat (5/1) di Aula Kanwil BRI di Padang. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM–Kadin Sumbar dan BRI Wilayah sepakat bersinergi mencetak pengusaha muda.  30 mahasiswa hasil Minang Enterpreneurship Award (MEA) 2017 menjadi percontohan. Kadin dan BRI akan mendampingi mahasiswa pengusaha ini selama tahun 2018.

Peresmian program pendampingan mahasiswa wirausaha ini berlangsung Jumat (5/1) di Aula Kanwil BRI di Padang. Hadir Komut BRI Andrinof Chaniago, Direktur Eksekutif BRI Gunawan Sulistyo, Ketua Umum Kadin Sumbar Ramal Saleh, Rektor UNP Ganefri, Wakil Rektor Unand Hermansyah dan Kanwil BRI Joni Alwadi.

Menurut Andrinof Chaniago, program pendampingan ini sangat penting untuk mengantarkan mahasiswa wirausaha ini jadi pengusaha yang handal. Bagi wirausaha muda ini, modal bukanlah segalanya. Mereka memerlukan transfer pengalaman. “Kiat kiat mengatasi kendala bisnis secara cepat dan tepat menjadi sangat penting. Karena itu BRI menggandeng Kadin sebagai gudangnya pelaku usaha,” kata Andrinof Chaniago.

Gayung bersambut.  Kadin pun bersemangat untuk mencetak mahasiswa wirausaha. Sebab praktisi yang ada di Kadin Sumbar, menurut Ketua Umum Kadin Ramal Saleh, adalah pengusaha yang telah memiliki jam terbang dan telah mengalami jatuh bangun dalam dunia usaha.

Menurut Ramal Saleh, pelaku usaha akan mendampingi dan memberikan solusi terhadap kendala yang dihadapi mahasiswa wirausaha ini. Sehingga hasil akhirnya adalah pengusaha yang kreatif, inovatif, merakyat dan sigap menghadapi tantangan dan perubahan.

Tentang dukungan permodalan terhadap mahasiswa wirausaha ini, pintu BRI pun terbuka lebar. Banyak kemudahan terhadap pengusaha pemula melalui skim kredit mikro kemitraan. Selain itu juga ada program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mudah persyaratannya dan murah bunganya.

Tiga puluh mahasiswa wirausaha hasil MEA ini berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumatera Barat. MEA 2017 sendiri diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di UNP dan diserahkan hadiah nya juga oleh Wapres RI dalam kunjungan kerjanya ke Unand beberapa waktu yang lalu.

Menurut Ketua Panitia MEA 2017, Abrinaldi Asri,  program pendampingan mahasiswa wirausaha ini tahap pertama oleh Kanwil BRI. Tahap kedua untuk 15 orang mahasiswa akan dilakukan oleh Bank Nagari. (*)